Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Kecamatan Cikelet

Pantai Santolo, Si Cantik Nan Eksotis dari Garut Selatan

Bookmark and Share
Selasa, 27 Oktober 2015 - 10:42:46 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 1734 » Berita & Artikel

Garut memang tak lepas dari panorama alamnya yang menakjubkan. Selain bentang alam pegunungan yang terhampar di setiap sisi Kota Garut, di sana juga terdapat beberapa pantai yang indah dan cocok untuk menjadi tujuan liburan anda.

Salah satunya ialah Pantai Santolo Indah yang terletak di Pamengpeuk, tepatnya di Kecamatan Cikelet sebelah selatan pusat kota Garut. Jarak pantai ini dari kota Garut sekitar 80 km dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 3,5 jam. Meskipun cukup jauh, namun suasana perjalanan menuju ke pantai ini sangat memanjakan mata dengan pemandangan yang menyajikan pegunungan dan berkelok-kelok.

Pantai Santolo | by: nizar kauzar

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan memanjang dari barat ke timur. Di sana terdapat tempat berlabuh dan berkumpulnya para nelayan tradisional. Selain itu di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

Bergerak ke arah selatan, kita dapat menyeberangi pulau yang biasa disebut dengan Pulau Santolo. Cukup membayar Rp. 2.000,- untuk menyeberanginya menggunakan kapal nelayan. Di Pulau Santolo ini memang agak berbeda keadaan pantainya, meskipun tetap berpasir putih dan masih jernih airnya tetapi penuh dengan batuan karang.

Jangan takut, masih tetap indah kok, sebab di sini spot paling cocok untuk camping bagi yang memiliki jiwa petualang. Untuk yang tidak suka camping, di sekitar pantai Santolo banyak losmen dan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau (berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- per malam).

Menanti Senja di Pantai Santolo | by genki-judawinata

Selain kita bisa menikmati suasana pantai yang tenang, di pulau Santolo juga terdapat muara Cilauteureun yang cukup populer. Dinamakan Cilauteureun karena air laut di muara inibergerak bukan menuju laut, melainkan kembali lagi ke arah muara. Sederhananya biasa disebut air laut yang mengalir ke darat. Konon peristiwa seperti ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Santolo Garut dan Prancis.

Apalagi yang kurang di tempat ini, menikmati pantai pasir putih dengan ombak yang tenang bisa, atau menyaksikan indahnya batuan karang di Pulau Santolo sambil ber-camping ria bersama kawan juga bisa.

Transportasi menuju ke Santolo:

Perjalanan ke Pantai Santolo, Garut bisa ditempuh kurang lebih 150 km dari Kota Bandung. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum dengan menaiki mobil Elf jurusan Garut-Pameungpeuk seharga Rp. 20.000,- dan turun di Pasar Pameungpeuk. Lalu dilanjutkan dengan naik Pick Up menuju Pantai Sayangheulang, yang tarifnya sekitar Rp. 5.000. Dari pantai, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan tarif sekitar Rp. 5.000 untuk sampai ke Pantai Santolo.

Perjalanan menuju Pantai Santolo harus dilalui dengan ekstra hati-hati. Karena, perjalanannya berkelok-kelok, sempit, curam, serta melewati hutan, kebun teh, dan jurang.

Ada Dua Alternatif Untuk Menuju Pantai Santolo:

Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dengan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul (pakai Bis) atau terminal Leuwipanjang dengan Kendaraan ELF (minibus), membayar Rp. 35.000,- dan 4 – 5 jam perjalanan teman-teman sudah sampai di Pameungpeuk (Pantai Santolo), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi (Mobil) akan menghabiskan BBM (Bensin) sekitar Rp. 75.000,- sampai Rp 100.000,- saja, sedangkan pakai Motor (BBM Pertamax hanya habis Rp. 25.000,- sampai 30.000,- saja).

Menggunakan Rute Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.

Berita & Artikel Lainnya


CAMAT CIKELET

Ahmad Mawardi, AP, SE

Audio

Statistik

125106

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 28288
Hits hari ini : 120
Total Hits : 125106
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Internal Link