Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Kecamatan Cikelet

Gelombang Besar, Nelayan Garut Susah Melaut

Bookmark and Share
Rabu, 28 Oktober 2015 - 18:48:25 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 439 » Berita & Artikel

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Garut, selain menyebabkan terjadinya kekeringan juga mengakibatkan para nelayan kini kesulitan mendapatkan ikan.

Camat Cikelet, Ahmad Mawardi, musim kemarau menyebabkan hembusan angin di kawasan pesisir pantai selatan Garut cukup besar. Hal ini tentu menjadi kendala bagi para nelayan saat menangkap ikan.

"Selain sulitnya mendapatkan ikan karena angin kencang, hal ini juga menyebabkan ikan jarang yang berada di sekitar pinggiran pantai, hembusan angin kencang juga merupakan sebuah ancaman bagi keselamatan nelayan," kata Ahmad.

Tak heran jika selama musim kemarau, kata Ahmad, hasil tangkapan para nelayan pun mengalami penurunan drastis. Hal ini tentu berpengaruh terhadap penghasilan mereka yang juga mengalami penurunan.

Bahkan saat ini kata Ahmad, sebagian besar nelayan memilih untuk tidak pergi melaut dulu sementara itu kebutuhan hidup keluarganya tak bisa dihindari.

"Kalaupun masih ada nelayan yang memaksakan melaut dengan menempuh resiko yang tinggi, akan tetapi jumlahnya hanya sebagian kecil saja. Kebanyakan dari mereka kini sudah berhenti melaut sambil menunggu cuaca lebih baik," katanya.

Diterangkan Ahmad, hembusan angin kencang menyebabkan gelombang menjadi begitu besar. Inilah yang menyebabkan ikan sulit sekali untuk didapatkan.

"Keselamatan para nelayan pun akan terancam jika mereka memaksakan terus melaut akibat gelombang yang besar dan tinggi," ujarnya.

Ahmad juga mengaku telah sering mendengar langsung keluhan para nelayan akibat sulitnya mencari ikan saat ini. Di sisi lain, mereka tak bisa beralih profesi menjadi petani karena kondisi lahan pertanian yang sudah mengering.

Hal inilah kata Ahmad yang membuat para nelayan kebingungan dan tak tahu lagi apa yang harus mereka perbuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya yang tentunya tak bisa dihindari.

Lebih jauh diungkapkan Ahmad, sulitnya para nelayan mendapatkan ikan dalam kondisi gelombang besar seperti saat ini dikarenakan sebagian dari mereka merupakan nelayan tradisional dengan perlatan sederhana.

"Mereka hanya menggunakan teknologi seadanya, misalnya perahu congkrang. Jika dipaksakan melaut dalam kondisi gelombang besar, maka hal ini sangat beresiko. Lain lagi dengan nelayan yang sudah menggunakan kapal besar karena bagi mereka gelombang besar tak terlalu membahayakan keselamatan mereka," ujarnya.

Berita & Artikel Lainnya


CAMAT CIKELET

Ahmad Mawardi, AP, SE

Audio

Statistik

125102

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 28288
Hits hari ini : 116
Total Hits : 125102
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Internal Link