Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Kecamatan Cikelet

BI Dukung Produksi Sapi Lokal Di Garut

Bookmark and Share
Kamis, 03 Desember 2015 - 09:57:35 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 488 » Berita & Artikel

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) cabang Jawa Barat, Rosmaya Hadi, bersama Bupati Kabupaten Garut, Rudy Gunawan mengadakan MoU ‘Klaster Sapi Potong’ untuk meningkatkan produksi sapi lokal khususnya di Kabupaten Garut, dan Provinsi Jawa Barat. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Kampung Pataruman, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, beberapa waktu lalu.

“Kami memberikan 4 bantuan yang diharapkan akan semakin meningkatkan produksi ternak bagi kelompok peternak unggulan di Cikelet ini. Bantuan tersebut adalah, kandang komunal, kandang jepit, sarana pengolahan biogas, dan sumur artesis,” kata Rosmaya, di lokasi.

Rosmaya mengatakan pihak BI memilih kelompok peternak ‘Garu Harapan Jaya’ yang memelihara 84 ekor sapi ini, karena menilai kelompok ini bersungguh-sungguh dalam merawat ternak mereka, bahkan bisa hasilkan produksi selain ternak, dari sapi-sapi yang diamanahkan kepada kelompok tersebut.

“Dengan dana yang kami miliki tidak menutup kemungkinan banyak kelompok ternak lain jika memang benar bersungguh-sungguh maka akan diberikan bantuan juga,” katanya.

Rosmaya pun mengakui untuk wilayah Jabar sendiri, kebutuhan sapi potong dinilainya sangat tinggi, namun dengan produksi lokal di Jawa Barat baru memenuhi 30 % kebutuhan saja, dari keseluruhan konsumsi Jawa Barat yang mencapai 600.000 ekor sapi per tahun.

“Sedangkan 30 % lainnya adalah sapi yang berasal dari Jawa Tengah, NTT dan wilayah di Indonesia lainnya, sementara 40 % sisanya merupakan sapi impor. Untuk diketahui saja dalam sehari 46 juta penduduk Jawa Barat membutuhkan sehari sebanyak 2500 ekor sapi, sehingga BI pun siap dalam membantu meningkatkan produksi sapi khususnya Jabar ini,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan untuk setiap kelompok peternak sapi, sebaiknya minimal memelihara 45 ekor sapi dan maksimal 75 ekor sapi, dan biasanya tiap-tiap kelompok peternak ini berjumlah 15 orang.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Garut pun dalam waktu dekat akan memberikan Rp 5 miliar untuk peternakan sapi, namun memang akan memilah-milah mana kelompok peternak yang benar atau yang hanya abal-abal,” ucapnya.

Bupati pun menyayangkan banyaknya sapi potong yang betina justru malah dikonsumsi yang seharusnya justru dikembangbiakan, “Ke depan kami akan membuat sebuah wadah yang khusus menjual sapi jantan saja,” tambahnya.

Sebagai informasi kata dia, jumlah sapi di Kabupaten Garut hanya berjumlah 35.000 ekor saja, dan yang disayangkan dari 42 Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut hanya sekitar 30 Kecamatan yang memiliki peternakan sapi yang dikelola rakyat.

“Dari ternak rakyat ini masing-masing Kecamatan hanya memiliki 1.500 ekor ternak untuk jumlah maksimalnya, nah dengan jumlah ini dirasakan bahwa jumlah sapi ini masih harus ditambah,” katanya.

“Yang saya sayangkan lagi sudah puluhan miliar dana dari Pemda untuk peternak justru oleh oknum-oknum peternak. Sapi bantuan Pemda ini malah dijual, bukannya dikembangkan, padahal sapi-sapi Indonesia ini kebanyakan berasal dari wilayah Priangan, khususnya dari Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut,” ujarnya.

Sementara itu ketua Kelompok Peternak Garu Harapan Jaya, Syaiful Anwar, sangat berterimakasih kepada pihak BI dan Pemkab Garut atas bantuan ini, yang telah meningkatkan taraf hidup peternak.

“Selain dari penjualan sapi potong, kami juga bisa menjual pupuk kompos dan pupuk cair yang harganya cukup lumayan di pasaran, untuk pupuk kompos harga per Kg sudah mencapai Rp 7.000 dan pupuk cair mencapai Rp 20.000 per liter,” ujarnya.

Sedangkan dalam satu hari satu ekor sapi jantan membuang kotoran bisa mencapai 12 Kg, sedangkan yang betina mencapai 15 Kg, sehingga kelompok peternak memiliki tambahan yang cukup untuk kehidupan sehari-harinya.

Berita & Artikel Lainnya


CAMAT CIKELET

Ahmad Mawardi, AP, SE

Audio

Statistik

125104

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 28288
Hits hari ini : 118
Total Hits : 125104
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Internal Link