Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Kecamatan Cikelet

Desa Karangsari

Bookmark and Share

Sekilas Profil Desa Karangsari, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut

 

 

Kondisi Sarana Prasarana

 

            Berdasarkan data Desa Karangsari memiliki sarana dan prasarana yang dapat dikelompokkan menjadi 9 bagian yaitu sarana prasarana transportasi, sarana komunikasi dan informasi, prasarana air bersih dan sanitasi, prasarana dan sarana pemerintahan, prasarana lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan, sarana olahraga, sarana kesehatan, sarana pendidikan, serta sarana penerangan dan energi.

 

Sarana transportasi di daerah Karangsari terbanyak dan satu-satunya adalah ojek, dengan jumlah mencapai 60 unit. Selain itu sarana berupa jalan di Karangsari beberapa sudah diaspal terutama di daerah Nangela, namun sebagian besar jalan di daerah Karangsari berupa tanah berbatu. Terdapat juga 2 jembatan bambu yang dibuat sebagai akses antara Karangsari dengan Linggamanik (desa tetangga).

 

Sarana komunikasi di Karangsari hanya lewat Televisi dan radio yang rata-rata terdapat di setiap rumah warga, tidak ada media cetak seperti koran atau majalah yang beredar disini. Terdapat satu papan pengumuman yang terdapat di kantor kepala desa. Tidak ada kantor pos dan terdapat satu telepon umum.

 

Sarana air bersih dan sanitasi tergolong minim. Sumber air yang dipakai masyarakat untuk kebutuhan MCK berasal dari air sumur gali dan air sungai yang diambil langsung tanpa melalui proses penyaringan, sehingga air cenderung keruh terutama saat musim hujan. Terdapat juga MCK umum dengan jumlah 5 unit.

 

Sarana pemerintahan desa masih tergolong sederhana, yaitu berupa kantor desa dengan 3 ruang kerja, dengan rincian inventaris 2 mesin tik, sejumlah meja dan kursi, 2 komputer, dan 4 lemari arsip serta sudah ada bangunan balai desa.

 

Sudah terdapat sarana olahraga seperti lapangan sepak bola, lapangan voli, dan beberapa meja pingpong. Namun kondisi lapangan sepak bola dan voli yang berupa tanah rentan berlumpur saat hujan.

 

Sarana kesehatan di Karangsari dapat dikatakan cukup memadai walau tidak ada rumah sakit umum. Namun terdapat 2 puskesmas, 6 puskesmas pembantu, 1 poliklinik, dan 2 posyandu. Jumlah dukun bersalin terlatih cukup tinggi, yaitu berjumlah 8 dibandingkan jumlah paramedis (1 orang) dan bidan (1 orang).

 

Desa ini memiliki sarana pendidikan berupa sekolah madrasah setingkat SMP berjumlah dua buah, sekolah dasar sebanyak lima buah, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak satu buah. Kondisi sarana pendidikan ini  dikatakan cukup, akan tetapi ada beberapa kekurangan pada sarana pendidikan tersebut. Misalnya pada SDN Karangsari 01, sekolah tersebut masih menggunakan papan tulis kapur yang kurang baik untuk kesehatan. Beberapa meja dan kursi kayu kondisinya tidak memadai dan kurang jumlahnya. Selain itu kondisi ruangan perpustakaan yang ada di SD ini sangat memprihatinkan. Lantai ruangan tersebut masih berupa semen yang rusak di beberapa bagiannya sehingga ruangan cenderung terus menerus berdebu. Jendela di ruangan ini juga tidak bisa dibuka sehingga menambah pengap suasana didalam. Terdapat bolong pada salah satu dinding tripleks yang membatasi perpustakaan dan ruang kecil laboratorium yang cukup besar untuk seorang anak SD melewatinya.

 

Sarana penerangan di Karangsari sudah memadai, karena hampir setiap rumah sudah teraliri listrik. Rata-rata warga Karangsari memiliki dua tungku memasak, yang pertama tungku untuk memasak dengan kayu bakar dan yang kedua adalah tungku memasak dengan gas elpiji.

 

Sarana Transportasi

Ojek

60 unit

Jembatan

2 unit

Jalan Desa

Beberapa sudah diaspal

Sarana Komunikasi

Televisi

784 unit

Radio

Ada

Papan Pengumuman

1 unit

Telepon Umum

1 unit

Sarana air dan Sanitasi

Sumber air

Air sumur gali dan air sungai

MCK umum

5 unit

Sarana Pemerintah Desa

Kantor desa

Ada

Jumlah ruangan

3 ruang

Balai Desa

Ada

Inventaris

   
   
   

Sarana Olahraga

Lapangan Voli

8 buah

Sarana Pemerintahan

Kantor Desa

1 buah

Polindes

1 buah

Sarana Pendidikan

PAUD

2 buah

SD

5 buah

Madrasah setingkat SMP

1 buah

     

 

1.1 Tabel Sarana Prasarana

 

 

 

Tata Guna Lahan

 

            Lahan yang ada di Desa Karangsari sebagian besar digunakan untuk pemukiman dan lapangan kerja masyarakat. Penggunaan lahan untuk lapangan kerja masyarakat cukup bervariasi dan dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

 

 

 

Penggunaan Lahan

Tanah Sawah

170,295 Ha

Tanah Ladang

135,1 Ha

Tanah Pekarangan

25 Ha

Tanah Carik Desa

4,310 Ha

Tanah Kuburan

3 Ha

Tanah Pengangonan/Tanah Sampalan

3,225 Ha

 

                                    1.2 Tabel Tata Guna Lahan

 

 

 

            Selain untuk pemukiman dan lapangan kerja masyarakat, lahan yang ada di Desa Karangsari juga digunakan untuk pengadaan air bersih dengan rincian seperti yang ada pada tabel di bawah ini :

 

 

 

Sumber Mata Air Bersih

Jenis

Jumlah (Unit)

Pemanfaat (KK)

Kondisi (Baik/Rusak)

Mata Air

7

1.329

Baik

Sumur Gali

35

35

Baik

Pipanisasi

11

658

Baik

Sungai

-

-

-

 

1.3 Tabel Sumber Mata Air Bersih

 

 

 

 Pola Pemukiman

 

            Pola pemukiman yang ada di Desa Karangsari adalah pola pemukiman terpusat atau nucleated. Pola pemukiman terpusat yaitu pola pemukiman penduduk dimana rumah-rumah yang dibangun memusat pada satu titik. Desa Karangsari merupakan desa yang terletak di kaki gunung sehingga rumah-rumah penduduknya berpusat pada satu tempat dan sebagian besar rumah-rumah yang berdekatan pemiliknya masih satu keturunan.

 

 

 

Kondisi Demografi

 

            Terdapat 1.632 kepala keluarga di Desa Karangsari. Rincian kondisi demografi desa dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

 

 

 

Wilayah (RW)

Laki-Laki

Perempuan

Jumlah (L+P)

01

649

628

1.277

02

576

549

1.125

03

543

537

1.080

04

790

727

1.517

Jumlah

2.558

2.441

4.969

 

                                                1.4 Tabel Data Penduduk

 

 

 

            Berdasarkan mata pencaharian, penduduk Desa Karangsari sebagian besar menganggur dan paling sedikit bekerja sebagai pegawai negeri. Data penduduk berdasarkan mata pencaharian dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

 

 

 

Mata Pencaharian Penduduk

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

11 orang

Pedagang

253 orang

Buruh Bangunan

345 orang

Petani

664 orang

Buruh Tani

1.342 orang

Pengangguran

1.697 orang

 

                              1.5 Tabel Mata Pencaharian Penduduk

 

 

 

            Berdasarkan tingkat pendidikan, penduduk Desa Karangsari sebagian besar tidak tamat SD dan yang paling sedikit adalah tamatan dari perguruan tinggi. Data penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

 

 

 

Pendidikan

Tidak Tamat SD

1.205 orang

Tamat SD

987 orang

Tamat SMP

467 orang

Tamat SMA

269 orang

Tamat Perguruan Tinggi

12 orang

 

                                                      1.6 Data Pendidikan

 

 

 

Aksesibilitas Wilayah

 

            Akses menuju Desa Karangsari dapat dikatakan cukup sulit untuk dilalui karena beberapa hal, yaitu jalan yang sudah rusak berat akibat dilalui oleh kendaraan bermuatan besar seperti truk, dan mobil pick-up, tidak adanya penerangan saat malam hari, dan jalan yang menanjak juga mempersulit aksesibilitas menuju Desa Karangsari. Jarak tempuh dari Desa Karangsari menuju kecamatan yaitu 8 km, menuju ke kabupaten sejauh 20 km, menuju ke provinsi sejauh 87 km, dan perjalanan menuju ke ibu kota sejauh 255 km.

 

CAMAT CIKELET

Ahmad Mawardi, AP, SE

Audio

Statistik

125099

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 28288
Hits hari ini : 113
Total Hits : 125099
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Internal Link