Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Kecamatan Cikelet

Desa Ciroyom

Bookmark and Share

Sekilas Profil Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut

 

Sejarah Desa

Desa  Ciroyom adalah merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Desa  Ciroyom memiliki nilai historis yang panjang dan tergolong salah satu desa yang berdiri dan dibentuk pada jamanPemerintahn Reformasi. Sebagian wilayah Desa  Ciroyom adalah merupakan daerah perkebunan peninggalan penjajahan Belanda. Desa  Ciroyom adalah adalah merupakan pecahan dari Desa Cijambe Kecamatan Cikelet. Perkembangan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat dapat dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat terutama setelah jaman pemerintahan orde baru sampai dengan sekarang. Dahulu Desa  Ciroyom adalah salah satu daerah terisolir.

Berdasarkan Cerita Para Sepuh yang ada di daerah  Ciroyom, bahwa asal mulanya daerah tersebut dinamai  Ciroyom Merupakan Cerita Rakyat Yang erat kaitannya dengan Kampung Adat Dukuh.

Awal mula yaitu pelariannya Syeh Abdul Jalil ketika terjadinya ketidaksetujuan terjadinya pembunuhan dikesultanan Sumedang hingga dia mencari tempat untuk penukuhan yang sekarang nama daerah tersebut “ Kampung Dukuh “namun dalam perjalanan tersebut beliau untuk mencapai pencarian kampung panukuhan tersebut beliau kehausan dan kepanasan di suatu daerah yang banyak pohon rimbun dengan mata air yang banyak. Maka daerah itu sekarang dinamakan Kampung  Ciroyom yang mempunyai arti Cai Artinya Air Dan Royom berarti Rimbun.

Di versi lain menyebutkan  bahwa terjadinya dinamai kampung  Ciroyom pada masa kolonial Belanda Tahun 1928 dengan Status Tanah Land Form  terjadi pengukuran besar besaran diwilayah selatan pulau Jawa Yang samapi pada daerah tersebut karena banyak mata air dan rimbunan pepohonan maka daerah tersebut dinamakan  Ciroyom.

Berdasarkan catatan Administrasi Pemerintahan Desa  Ciroyom, para Tokoh dan sesepuh yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa  Ciroyom dan memberikan sumbangsih dan bukti nyata tanpa pamrih terhadap perkembangan dan kemajuan desa yang dicintai adalah :

No.

TAHUN PERIODE MASA BHAKTI

NAMA KEPALA DESA

KETERANGAN

1

2005-2007

MAMAN LUKMAN

Pjs. Kepala Desa

2

2007-2008

DAROJAT

Kepala Definitif pertama

3

2008-2010

KURNIA

Pjs Kepala Desa

4

2010-Sekarang

ABDUL ROJAK

Kepala Definitif ke dua

 

CAMAT CIKELET

Ahmad Mawardi, AP, SE

Audio

Statistik

125041

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 28288
Hits hari ini : 55
Total Hits : 125041
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Internal Link